RSS

HATI-HATI ADA SCAM “FACEBOOK VERIFICATION” (URGENT!!)


Hari ini pengguna Facebook mendapat serangan Scam yang diam-diam tapi cukup menakutkan. Scam ini memanfaatkan penggunaan notifikasi teman-teman Anda, notifikasi itulah yang menggunakan kata-kata cukup serius ” Facebook Verification (Urgent!!).


Lalu jika Anda meng-klik link tersebut maka akan diarahkan menuju sebuah link situs yang meminta Anda untuk melakukan verifikasi account Facebook Anda. Yang jadi pertanyaan, apakah itu benar verifikasi dari Facebook ? Mari kita lihat lebih jauh pada gambar dibawah ini:

Jika Anda perhatikan dengan seksama, peringatan tersebut memberitahukan bahwa semua account profil harus melakukan verifikasi sebelum tanggal 15 Juni 2012 untuk menghindari ancaman SCAM dibawah aturan SOPA dan PIPA. Dan jika Anda tidak melakukan verifikasi account sebelum tanggal 15 Juni tersebut, maka account Anda akan diberhentikan.
Lebih detail lagi, Anda akan menemukan sebuah counter hit dengan jumlah pengunjung yang telah mengakses link situs tersebut. Saat artikel dibuat, counter hit mencapai jumlah 8505 pengunjung.
“Cybercrime dalam bentuk SCAM sekarang ini sedang naik ke permukaan dunia maya, muncul di waktu dan tempat yang tidak terduga, bisa di email, banner di website, maupun pop up. Oleh sebab itu dituntut kewaspadaan dari para pengguna untuk tidak terburu-buru mengklik sesuatu yang terlihat menarik, tetapi tidak jelas pengirimnya.” Demikian disampaikan oleh Yudhi Kukuh, Technical Consultant PT. Prosperita-ESET Indonesia menanggapi maraknya SCAM yang secara kebetulan masuk lewat e-mail, dan facebook.
Lalu benarkah Facebook melakukan verifikasi ?
Hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa verifikasi Facebook hanya melalui 2 hal :
  • Email
  • Telephone
Untuk lebih jelasnya mengenai verifikasi, dapat mengakses link ini :
https://www.facebook.com/help/?page=116296378454689&ref=bc
Dua hal yang harus dilakukan untuk menghindari SCAM tersebut:
  1. Jika Anda mendapatkan notikasi SCAM tersebut sebaiknya dihindari dan jangan di-klik.
  2. Jika Anda sudah terlanjur meng-klik, sebaiknya langsung tutup browser Anda.
“Kita tidak bisa memastikan dampak SCAM tersebut akan ringan dan mudah diremove, ataukah justeru membuat kerusakan yang parah terhadap data didalam komputer kita. Sebaiknya kita perlu sedikit menekan sedikit rasa keingintahuan kita terlebih jika ada kecurigaan bahwa apa yang kita dapat adalah SCAM”
Sementara itu, menurut Yudhi Kukuh, bagi user yang terlanjur terkena serangan SCAM tersebut, lakukan setidaknya satu langkah berikut:
  • Ganti password facebook dan password email yang terdaftar, karena sudah menjadi kebiasaan user jika password itu biasanya sama
  • Lakukan perbaikan dengan masuk ke:
Account > Privacy Settings > Applications and Websites and remove the rogue app.
Demikian pesan yang disampaikan olehYudhi Kukuh.








  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar